Yuk Intip Kegiatan Seru yang Dapat Dilakukan di Pulau Komodo!

Pulau Komodo berada di kawasan Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau ini dijadikan sebagai penangkaran hewan komodo, sehingga dikenal sebagai Taman Nasional Komodo. Letak Pulau berada didekat Pulau Sumbawa tetapi disahkan selat sape yang juga membatasi Kec. Komodo, Kab Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Pulau Komodo karena ingin melihat hewan komodo secara langsung.

Hewan komodo dapat hidup dan berkembang baik di Pulau tersebut. Jumlah hewan komodo di tahun 2009 adalah 1300 ekor. Hewan komodo juga ada disekitar pulau Gili Motang dan Pulau Rinca. Jumlah komodo yang berada di kedua pulau itu kurang lebih ada 2500 ekor. Terdapat 100 ekor lagi yang diletakkan pada cagar alam Wae Wuul, letaknya berada di daratan Flores.

Ketika liburan ke Pulau Komodo, Anda tidak hanya melihat hewan komodo tetapi juga dapat melakukan aktifitas lain yang menyenangkan.

Aktifitas Menarik yang Dapat Dilakukan Ketika di Pulau Komodo

Berbagai macam kegiatan seru dan menyenangkan liga365 sudah menunggu Anda di Pulau Komodo. Wisatawan yang datang kemari selalu melakukan aktifitas seru, sehingga liburan terasa lebih berkesan. Berikut merupakan aktifitas seru yang bisa Anda coba saat berada di Pulau Komodo.

  • Hunting Foto di Spot Must Pose

Spot foto must pose sering dikunjungi oleh wisatawan. Pasalnya spot ini menjadi tempat wajib berfoto, rasanya ada yang kurang jika Anda tidak mengunjungi spot tersebut. Spot must pose menampakkan keindahan Pulau Padar. Fotonya diambil dari atas sehingga penampakkan pulaunya sangat kece.

Untuk mencapai spot must pose, Anda harus naik ke atas sampai mencapai puncak spot. Anda harus berhati-hati saat menaikinya, karena medannya agak sulit yaitu berupa tanah kerikil. Disekelilingnya tidak ada pepohonan, jadi tidak ada pegangan sewaktu menaiki pulau.

  • Mengunjungi Pulau Rinca

Ingin melihat hewan komodo dengan jarak dekat, langsung saja berkunjung ke Pulau rinca. Disana jumlah komodonya lebih banyak, hewannya berkeliaran di pondok penjaga pulau. Jalan menuju ke Pulau rinca satu-satunya yaitu melakukan trekking. Waktu trekking menghabiskan waktu 1,5 jam. Saat melakukan trekking tidak seperti naik gunung, tetapi trekkingnya datar sehingga perjalannya santai.

Diharapkan seluruh wisatawan yang datang ke Pulau rinca harus ditemani tour guide. Mengingat hewan komodo termasuk hewan buas maka, Anda harus menyewa tour guide untuk menunjukkan jalan yang aman dan memberitahukan larangan apa saja yang tidak boleh dilakukan disana.

  • Melihat Pemandangan di Gili Lawa Darat

Kegiatan selanjutnya yang dapat dilakukan di Pulau Komodo yaitu melihat pemandangan sekitar Gili Lawa Darat. Durasi waktu yang dibutuhkan untuk menaiki bukit Gili Lawa Darat kurang lebih 45 menit (tergantung kecepatan Anda saat menaiki bukit).

Perjalanannya lebih mudah karena medannya cukup baik. Sepanjang perjalanan, Anda tidak akan merasa capek karena dapat melihat pemandangan yang menakjubkan. Sampai di atas, Anda dapat melihat pemandangan puncak angle yang berbeda. Bila Anda kesana pada sore hari maka, bisa melihat penampakan matahari terbenam.

  • Snorkeling di Pink Beach

Aktifitas seru di Pulau Komodo yang harus dilakukan adalah bermain snorkeling di pink beach. Arus air di pink beach sangat tenang, jadi aman jika digunakan untuk bermain snorkeling. Di pink beach memiliki pemandangan bawah laut yang indah, terdapat ikan hias berwarna-warni, terumbu karang, dan masih banyak lainnya. Banyak wisatawan yang melakukan snorkeling, terkadang mereka berebut spot snorkeling untuk mendapatkan pemandangan yang menakjubkan.

  • Berkunjung ke kampung komodo

Di Pulau Komodo, Anda bisa melihat hewan komodo berbaur dengan warga. Pemandangan seperti ini hanya dapat dilihat di kampung komodo. Perkampungan yang dipenuhi dengan bangunan sederhana ini memiliki pemandangan indah, karena terletak di sekitar bukit dan kawasan pantai.

Jika Anda ke kampung komodo dengan tour guide, mereka akan menunjukkan jalan melewati poreng valley. Saat melewatinya, Anda dapat melihat komodo yang sedang diberi makan oleh masyarakat. Abadikan pemandangan langkah tersebut dengan mengambil fotonya.

  • Berkunjung ke Loh Buaya

Loh Buaya terletak di Pulau rica. Wisatawan mancanegara selalu menyempatkan untuk mengunjungi Loh Buaya karena disana dimanjakan dengan tampilan pemandangan hutan mangrove yang indah. Saat di Loh Buaya, Anda bisa melihat berbagai macam satwa liar, contohnya seperti kuda liar, burung, rusatimor, kerbau, monyet yang memiliki ekor panjang dan komodo.

Selesai menikmati pemandangan di Loh Buaya, Anda bisa melanjutkan ke Pulau Kalong. Sesuai namanya, di pulau Kalong Anda dapat melihat hewan kelelawar dengn jumlah banyak. Bila Anda datang di sore hari, bisa melihat kelelawar ke luar sarang untuk mencari makan. Sungguh pemandangan yang langkah dan jarang Anda lihat.

Demikian kegiatan yang dapat dilakukan saat liburan ke Pulau Komodo. Liburan di Pulau Komodo menjadi menyenangkan, karena kegiatannya seru dan tidak membuat bosan. Bagi Anda yang ingin merasakan liburan seru, yuk datang ke Pulau Komodo.

This entry was posted in pulau komodo and tagged , , , , . Bookmark the permalink.